Minggu, Juli 14, 2024
Terbaru:
NEWS

PKM : Peningkatan Financial Literacy Pengusaha Muda HIPMI PT UNP melalui Penyusunan Harga Pokok Produksi dan Analisis Break Event Point

Padang- Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang terdiri dari dosen Departemen Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNP melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Aula Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP pada hari Jumat- Sabtu tanggal 1-2 September 2023.

PKM ini diikuti oleh 34 orang peserta yang merupakan pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI PT UNP dengan judul kegiatan “Peningkatan Financial Literacy Pengusaha Muda HIPMI PT UNP melalui Penyusunan Harga Pokok Produksi dan Analisis Break Event Point.

Pengambilan topik ini merupakan hasil diskusi dari tim dosen Departemen Akuntansi dan Manajemen FEB UNP dengan ketua HIPMI PT UNP mengingat tingginya angka pengangguran saat ini maka diharapkan lulusan perguruan tinggi tidak hanya mencari kerja (job seeker) namun bagaimana dapat menciptakan lapangan kerja (job creator). Banyak usaha dilakukan agar para mahasiswa mempunyai jiwa wirausaha, salah satunya dibentuknya organisasi HIPMI PT (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi). Namun faktanya terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi anggota HIPMI PT UNP saat ini salah satunya adalah minimnya literasi keuangan pengusaha muda.

PKM ini diketuai oleh Ibu Dewi Pebriyani, SE, M,Si dan beranggotakan Vita Fitria Sari SE, M.Si, dan Delfiani, S.E., M.M

Ketua PKM, Dewi Pebriyani menyatakan bahwa tema ini diangkat berdasarkan hasil diskusi dengan Ketua HIPMI PT UNP Saudara Angga Amlisio Putra Perdana “beberapa permasalahan yang dihadapi anggota HIPMI PT UNP saat ini adalah (1) minimnya mentor literasi terkait keuangan; (2) kurangnya keinginan anggota untuk mempelajari pengelolaan keuangan usaha yang efektif dan efisien; (3) masih terbatasnya kemampuan anggota untuk membuat pencatatan keuangan yang memadai dan belum memisahkan antara dara pribadi dan usaha.” begitu penjelasan dari ketua pelaksana.

Kegitan PKM ini telah dilakukan selama dua hari ini di buka dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Ibu Dewi Pebriyani, SE, M,Si   dilanjutkan dengan Sambutan dari Ketua HPMI PT UNP  Angga Amlisio Putra Perdana.

Kegiatan PKM ini menghadirkan 2 narasumber yaitu  Ibu Charoline Cheisvyanny SE, M.Ak  dan Ibu Dr. Eka Fauzihardani, SE, M.Si, Ak keduanya merupakan dosen akuntansi FEB UNP. Pada hari pertama Ibu Charoline memberikan materi tentang perhitungan harga pokok produksi pada perusahaan manufaktur. Banyak pertanyaan yang disampaikan oleh peserta berkaitan dengan penentuan harga pokok produksi, ternyata karena minimnya literasi keuangan pengusaha muda ini terdapat banyak kesalahan dalam penentuan harga pokok diantaranya tidak memperhitungkan biaya tenaga kerja dan overhead. Semuanya dibahas bersama oleh peserta bersama narasumber sehingga peserta mampu untuk menghitung harga pokok produk yang mereka hasilkan dengan benar. Pada hari kedua materi difokuskan untuk menghitung Break Event Point atau titik impas yang disampaikan oleh Ibu Dr. Eka Fauzihardani, SE, M.Si, Ak peserta diberikan materi bagaimana cara menentukan titik impas agar pengusaha muda dapat merencanakan target laba serta tidak mengalami kerugian.

Pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI PT UNP sangat antusias mengikuti kegiatan ini mengingat ini pertama kalinya mereka mendapatkan pengetahuan literasi keuangan yang tidak pernah didapatkan sebelumnya. Mereka juga menantikan kegiatan lanjutan sehingga dapat lebih meningkatkan literasi keuangan pengusaha muda ini. Sesuai dengan slogan mereka “Pengusaha Pejuang, Pejuang Pengusaha !!!”