Minggu, Juli 14, 2024
Terbaru:

Sejarah


  1. History

    Departemen Akuntansi memiliki sejarah yang membanggakan mencerminkan komitmen kami terhadap keunggulan akademik, penelitian inovatif, dan pengabdian kepada masyarakat. Sejak didirikan, kami telah menjadi pusat pendidikan akuntansi terkemuka yang berkontribusi secara signifikan pada perkembangan profesi akuntansi di Indonesia. 

    Awal Berdiri

    Jurusan Akuntansi resmi didirikan pada tahun 2001 sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Berdasarkan SK Rektor UNP No. 05/J4/KP/205 tanggal 2 Januari 2005 Tentang Pembukaan Fakultas Ekonomi yang menyelenggarakan pendidikan program sarjana dan pascasarjana, Jurusan Akuntansi menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi.

    Perubahan UNP yang awalnya merupakan PTN BLU menuju PTN BH diikuti dengan berubahnya nama Jurusan Akuntansi menjadi Departemen Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sebagai bagian integral dari UNP dan FEB UNP, Departemen Akuntansi selalu berupaya untuk mampu menjawab tantangan, tuntutan serta kebutuhan masyarakat dalam menyediakan pelayanan Pendidikan tinggi yang berkualitas. 

    Perkembangan Kurikulum

    Seiring berjalannya waktu, Departemen Akuntansi terus berkembang baik dari segi jumlah mahasiswa, staf pengajar, maupun kurikulum yang ditawarkan. Sesuai dengan perkembangan informasi, komunikasi, dan teknologi kami acap kali memperbarui kurikulum dalam bidang Akuntansi Manajerial, Akuntansi Keuangan, dan Auditing, yang semuanya dirancang untuk memberikan pengetahuan komprehensif dan keterampilan praktis kepada para mahasiswa.

    Pencapaian Akademik

    Upaya yang dilakukan oleh Departemen Akuntansi sebagai dedikasi kami terhadap standar pendidikan tinggi yang tinggi dan komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran, mutu pendidikan  dan penelitian ditandai dengan penetapan peringkat akreditasi yang diberikan oleh BAN-PT pada Departemen Akuntansi yaitu Unggul dengan SK BAN-PT No. 3920/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2022. 

    Kolaborasi dan Kemitraan

    Departemen Akuntansi juga aktif menjalin kerja sama dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun luar negeri. Kolaborasi dengan universitas-universitas terkemuka, organisasi profesional, dan perusahaan besar telah membuka kesempatan bagi mahasiswa dan staf pengajar untuk terlibat dalam proyek penelitian, program pertukaran, serta magang yang berharga.

    Penelitian dan Inovasi

    Penelitian merupakan salah satu pilar utama di Departemen Akuntansi. Fakultas kami terlibat dalam berbagai penelitian yang berkontribusi pada pengetahuan akuntansi global dan menawarkan solusi bagi tantangan bisnis kontemporer. Publikasi penelitian kami telah diakui di jurnal-jurnal internasional dan sering kali menjadi rujukan penting dalam bidang akuntansi.

    Komitmen terhadap Pengembangan Mahasiswa

    Kami bangga dengan dedikasi kami terhadap pengembangan holistik mahasiswa. Melalui bimbingan akademik, program pengembangan karir, dan kegiatan ekstrakurikuler, kami berusaha untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang diperlukan untuk sukses di dunia profesional.

    Menuju Masa Depan

    Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang terus berkomitmen untuk menjadi lembaga pendidikan yang inovatif dan relevan. Kami akan terus mengejar keunggulan dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta tetap adaptif terhadap perubahan dan tantangan yang dihadapi oleh profesi akuntansi di era globalisasi ini.

    Terima kasih atas minat Anda pada Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri padang. Kami mengundang Anda untuk menjelajahi lebih lanjut tentang program kami dan bergabung dengan komunitas kami.

  2.